UMKM Jakarta didorong bisa masuk pasar internasional UMKM Jakarta didorong bisa masuk pasar internasional Jakarta (EKRAF News) – Wakil Walikota DKI Jakarta, Sandiaga Uno, mengatakan, usaha rumahan yang dilakukan warga Jakarta bisa masuk pasar internasional.

Hal ini dia sampaikan dalam rangka proses kurasi UMKM di Jakarta akan dorong menjadi ekonomi kreatif bertaraf internasional.

"Saya tadi mentabulasi sekitar 1.500 lapangan kerja yang bisa didorong kalau kita mengembangkan ini. Dan kebetulan ada kurator dan artisan specialist dari New York Jennifer Isaacson yang sudah bekerja sama dengan DKI semenjak beberapa tahun terakhir," kata Uno, di Balai Kota DKI, Jakarta, Senin.

Dia juga mengenalkan salah satu terobosan kebijakan yaitu Peraturan Gubernur yang akan diluncurkan untuk kemudahan garasi inovasi. "Yaitu salah satu varian dari OK OCE (One Kecamatan One Center Entreneurship) yang memberikan kemudahan kepada usaha rumahan mendapat ijin walaupu zonasinya bukan zonasi ekonomi, zonasi usaha," kata dia.

Selama ada beberapa koridor yang seperti luasnya tidak lebih dari 30 meter persegi, tidak lebih dari 20 persen daripada besaran rumah, pekerjanya tidak lebih dari 19 orang, itu bisa didorong untuk mendapatkan kemudahan perizinan, katanya.

"Pergub sekarang lagi dikaji di timnya pak Gubernur. Jadi mudah-mudahan dalam waktu singkat kita bisa dorong," kata Sandiaga.

Dia mencontohkan The Power of Moms yaitu tim emak- emak dimana mereka bekerja di rumah seperti Bu Melani yang sudah mendunia secara langsung dan tidak langsung kemampuan untuk menciptakan lebih dari 100 lapangan pekerjaan. "Nach kita hitung saja ada berapa potensi di seluruh wilayah Jakarta yang kita bisa hadirkan solusi lapangan pekerjaan dari UMKM ini. Jadi bisnis UMKM mungkin dilihat kecil tapi dampaknya sangat kuat," kata Uno.



Source link